Ringkasan Kotbah

Belajar Dari Sejarah
Mazmur 78
Bpk. Harry Limanto

Mazmur ini bercerita tentang sejarah kasih setia Allah yang besar yang telah dikaruniakan-Nya kepada Israel. Dalam mazmur sebelumnya, pemazmur menceritakan perbuatan-perbuatan ajaib yang telah dikerjakan Allah di masa lampau, untuk menguatkan dirinya sendiri dalam masa kesusahan. Dalam mazmur ini ia meneruskan kembali pokok bahasan yang sama, untuk membangun jemaat, dan menguraikannya secara panjang lebar. Dengan cara ini ia tidak saja menunjukkan betapa baiknya Allah selama ini kepada mereka, yang merupakan suatu pertanda akan kasih setia-Nya yang tiada berkesudahan, tetapi juga mau memperlihatkan betapa rendahnya sikap mereka terhadap Allah. Ia menegur dan meluruskan perbuatan mereka itu dan melarang mereka untuk berkeluh kesah.

Aku Hendak Mengingat Perbuatan-Perbuatan Tuhan
Mazmur 77
Pdt. Sandi Nugroho

Mazmur 77 adalah sebuah ungkapan personal seorang pemazmur terhadap keadaan bangsa Israel. Namun kemudian ungkapan personal tersebut diterima menjadi ungkapan bersama. Mazmur ini bisa mewakili pergumulan umat Israel.

Allahku Dahsyat
Mazmur 76
Pdt. Em. Anni P. Saleh

Allah terkenal dan masyhur
Mazmur ini dibuka dengan sebuah pernyataan yang menarik: “Allah terkenal di Yehuda, nama-Nya masyhur di Israel” (ayat 2). Istilah Allah “terkenal” dan “masyhur”yang digunakan, menunjuk pada hasil dari sebuah proses perenungan terhadap peristiwa-peristiwa faktual yang dilakukan oleh Allah dalam hidup Israel sebagai sebuah bangsa. Peristiwa-peristiwa yang dialami itu memberi kesadaran akan siapa Allah dan karya-Nya dalam hidup mereka. Dia adalah Allah yang peduli, yang menolong umat-nya.

Tema: “Berperan Serta Dalam Kerajaan
Matius 13:47-52
Oleh: Pdt. Irwan Hidajat

Kerajaan: kingship (pemerintahan) Allah, bukan dalam arti kingdom (kekuasaan). Kerajaan Allah: Allah memerintah, berdaulat, mengatur, memimpin hidup kita, bukan diri kita sendiri atau yang lainnya yang mengendalikan/ mengatur hidup kita. Ini berbicara tentang realitas hidup kita sebagai seorang Kristen, tentang bagaimanakah semestinya seorang Kristen itu hidup? Yakni: menempatkan Tuhan sebagai yang berdaulat dan mengatur, mengendalikan, memimpin hidup kita.

Follow Us on Instagram

Menu Utama

Sedang Online

We have 311 guests and no members online