Ringkasan Kotbah

Tema: “Perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku
1 Korintus 11:23-32
Oleh: Pnt. Ferry S. Kansil

Jemaat Korintus adalah jemaat yang maju dan berkembang pada masa itu. Ada banyak kelebihan yang dimiliki oleh jemaat tersebut. Namun ada banyak juga masalah di dalamnya, antara lain perpecahan jemaat tentang pengelompokan dalam jemaat (golongan Paulus, Apolos, Kefas dan Kristus), tentang karunia-karunia Roh dan dalam pembacaan kita hari ini adalah masalah dalam pelaksanaan Perjamuan Kudus.

Keluarga Yang Mengasihi Allah
Ulangan 6:4-9

Oleh: Pdt. Sandi Nugroho

Konteks kitab Ulangan adalah pesan Musa kepada generasi kedua. Generasi kedua adalah mereka lahir dan besar pada perjalanan selama 40 tahun pengembaraan. Generasi kedua—bahkan sudah hadir generasi ketiga—akan masuk ke tanah perjanjian. Dan mereka tinggal melangkah dan menyeberang via sungai Yordan. Konsern Musa adalah untuk mengingatkan, menegaskan dan menanamkan prinsip utama agar mereka tetap kuat, tidak menyimpang ke kanan dan ke kiri selama mereka tinggal di tanah perjanjian. Konsern Musa ini menyingkapkan sisi lengkap dari tanah perjanjian yaitu tanah pengharapan sekaligus tanah penuh tantangan/godaan.

Sekiranya UmatKu Mendengarkan Aku
Mazmur 81
Pdt. Kuswanto

Kesulitan, masalah, kesuksesan dan popularitas hidup seseorang akan selalu menjadi proses hidup yang menjadikan seseorang itu menjadi semakin baik dan menjadi semakin buruk. Dapat membuat orang menjadi “lupa dan menjauh dari Tuhan” tapi juga dapat membuat orang semakin hidup bergantung pada Tuhan.

Ya Allah Pulihkanlah Kami
Mazmur 80
Pdt. Wahyu Pramudya

Hidup ini mempunyai kejutannya tersendiri. Kejutan adalah hal-hal yang tak kita harapkan namun terjadi. Beberapa kejutan itu melampaui harapan kita sehingga kebahagiaan muncul. Beberapa yang lain tak memenuhi harapan sehingga kesedihan terjadi.

Kesedihan akibat pergumulan itu mempunyai daya goncang dobel dalam kehidupan orang percaya. Pertama, ia harus menghadapi masalah yang ada. Kedua, ia akan bergumul tentang keberadaan Tuhan di tengah masalah yang ada itu. Hal inilah yang melatar belakangi Mazmur 80.

Follow Us on Instagram

Menu Utama

Sedang Online

We have 241 guests and no members online