Ringkasan Kotbah

Tema: “Sahabat Yang Saling Menjaga
Galatia 6:1-5

Oleh: Bpk. Joy Manik

Secara utuh, kita melihat bahwa surat Galatia ini merupakan surat kiriman yang berisi peringatan kepada jemaat tentang penyelewengan terhadap ajaran Injil yang sebenarnya. Ajaran mengenai pembenaran oleh iman semata, bukannya oleh usaha manusia, telah diselewengkan sebagian jemaat Yahudi yang tetap bersikeras bahwa orang Kristen harus menjalankan hukum Taurat dengan ketat supaya bisa berkenan di hadapan Allah. (Galatia 2:16) – Bahkan di awal pembukaan surat ini, Paulus tidak menyatakan salam pembuka yang seperti biasanya ia lakukan. Berkali-kali Paulus memberikan teguran yang keras akan adanya orang yang memberitakan Injil yang lain, yang justru mendeskreditkan ke-rasulan Paulus saat itu(Gal 6:1)

Tema: Menjadi Sahabat Dalam Kebenaran
1 Samuel 20:1-43
Oleh: Pdt. Em. Anni P. Saleh

PENGANTAR
Apabila kita memperhatikan hubungan-hubungan antar orang di dalam Alkitab, maka kita akan menemukan bahwa persahabatan bukanlah sekedar tentang kecocokan-kecocokan yang dimiliki oleh orang-orang, sehingga tersedia hal yang memudahkan untuk menjalin persahabatan. Bukan juga tentang emosi yang emosional, tetapi emosi yang saleh, yang menerima dan memberi dukungan.

Tema: “Sahabat Yang Tidak Menghakimi
Ayub 2:11-13; 4:1-21

Oleh: Pnt. Ferry S. Kansil

Daud telah diurapi oleh Samuel untuk menjadi raja dan dengan nama TUHAN, Daud berhasil mengalahkan Goliat dan diangkat oleh Saul menjadi kepala prajurit, kemanapun ia pergi berperang, ia selalu menang. Namun Saul membencinya dan ia berencana untuk membunuh Daud (18:6-11) dan bahkan Daud nyaris mati, ketika dalam dua kesempatan Saul melemparkan tombak kepada Daud, namun luput (18:11, 19:10), sehingga Daud melarikan diri.

Menu Utama

Sedang Online

We have 32 guests and no members online