Ringkasan Kotbah

Tema : “Belajar Dari Jemaat Di Filadelfia: Menuruti Firman Dan Tidak Menyangkal NamaNya
Wahyu 3:7-13
Oleh: Pdt. Sandi Nugroho

Jemaat di Filadelfia adalah jemaat yang relatif kecil ketimbang 6 jemaat lainnya yang disebut dalam Wahyu. Ini juga karena kota Filadelfia adalah kota kecil yang penduduknya realtif sedikit. Kota ini merupakan jalur gempa, jadi jarang ada orang yang mau menetap di kota ini. Namun karena letaknya yang strategis, kota ini menjadi sentra atau “pintu” dari penyebaran budaya Yunani di wilayah timur laut Asia kecil.



Pujian Tuhan kepada Jemaat Filadelfia

Tuhan memberikan apresiasi kepada jemaat di Filadelfia (ay. 8) karena jemaat ini menuruti firman Tuhan dan tidak menyangkal Tuhan. Maksudnya, jemaat Filadelfia menundukkan diri mereka di bawa ajaran firman Tuhan yang benar dan hidup dalam kebenaran firman Tuhan. Saat itu, firman Tuhan adalah tiap ajaran para rasul yang adalah murid-murid Tuhan Yesus.

Selain itu, mereka juga disebut sebagai jemaat yang tidak menyangkal Tuhan. Dicatat dalam ayat ke-9 bahwa ada kelompok jemaah Iblis yang hadir di tengah-tengah jemaat Filadelfia. Mereka bukan hanya mengajarkan ajaran yang anti kristus tapi juga memberikan pencobaan dengan menyebarkan fitnah dusta untuk menjatuhkan jemaat Filadelfia. Namun jemaat Filadelfia tetap setia mengikuti Yesus yang diberitakan oleh para Rasul.

Di sini Tuhan memberikan pujian atas kesetiaan jemaat Filadelfia yang tetap tunduk pada firman Tuhan dan tidak menyangkal Tuhan Yesus meskipun mereka mengalami pencobaan dan penganiayaan karena kesetiaan mereka. Di sini kita belajar, walau jemaat Filadelfia adalah jemaat yang kecil tapi mereka tetap setia tunduk pada  firman Tuhan dan tetap berani menyatakan iman mereka sebagai pengikuti Kristus. Untuk setia memang sulit, ini kabar buruknya, tetapi Tuhan pasti menolong dan memberikan kekuatan agar kita bisa setia padaNya, ini kabar baiknya.

Janji Tuhan kepada Jemaat Filadelfia

Minimal ada 5 janji yang Tuhan berikan kepada jemaat yang setia menuruti firmanNya dan tetap berani menyatakan iman sebagai pengikut Kristus:
•    “Aku telah membuka pintu bagimu...” (ay. 8a). Janji ini menyatakan bahwa jemaat Filadelfia diperkenan Allah menjadi saksi hidup dari Tuhan Yesus. Bagaikan pintu orang bisa masuk ke dalam dan melihat kehidupan mereka dan kemudian melihat Tuhan Yesus. Hanya orang yang setia menuruti firman Tuhan dipakai Tuhan menjadi saksiNya.

•    “Aku akan menyuruh mereka datang dan tersungkur di depan kakimu...” (ay. 9b). Janji kedua adalah orang-orang yang menyebar dusta untuk menjatuhkan jemaat Filadelfia pasti akan “jatuh” tersungkur karena mereka melihat kesetiaan Tuhan dan kesetiaan jemaat Filadelfia kepada Tuhan. Kesetiaan menuruti firman Tuhan bisa menggerakkan orang-orang yang mau menghancurkan pengikut Kristus menjadi luluh dan kemudian bertobat kepada Tuhan Yesus.

•    “Akupun akan melindungi engkau dari hari pencobaan .... (ay. 10). Janji berikutnya adalah bahwa Tuhan akan melindungi mereka yang tetap setia pada kebenaranNya. Satu-satunya tetap paling aman di dunia, adalah saat kita hidup dalam kebenaran Allah karena tidak ada celah untuk kita bisa dicobai atau dijatuhkan.

•    “...akan Ku jadikan sokoguru (yun: stulos/ay. 12). Janji yang satu ini berkaitan dengan posisi penting jemaat Filadelfia menjadi pilar kebenaran yang tetap kokoh. Memang sampai sekarang terbukti bahwa jemaat Filadelfia masih tetap eksis. Saat jemaat yang lain sudah tinggal puing dan kisah lampau, Filadelfia tetap berdiri.

•    “Aku akan segera datang. Peganglah apa yang ada padamu supaya tidak seorangpun mengambil mahkotamu (ay. 11). Janji terakhir adalah janji bahwa Tuhan segera datang untuk memberi mahkota. Pastilah kesetiaan untuk menuruti firman Tuhan dan kesetiaan untuk tetap berani menyatakan iman akan diikuti dengan buah abadi yaitu mahkota dari Allah sendiri. Yang menarik di sini bukan mahkotanya, tapi siapakah yang memberikan mahkota itu, yaitu Allah sendiri.

Melalui jemaat Filadelfia, Allah mengingatkan kita untuk tetap setia tunduk dan menuruti firman Tuhan serta tetap berani menyatakan iman sebagai pengikut Kristus kepada dunia ini. Dan kita percaya janji-janji itu bukan hanya bagi jemaat Filadelfia, tapi kita semua yang setia padaNya.


=SN=

 

Follow Us on Instagram

Menu Utama

Sedang Online

We have 146 guests and no members online