Ringkasan Kotbah

Tema : “Dosa Karena Lidah
Yakobus 3:1-12
Oleh: Bpk. Alex Kanesa

Dalam perikop ini Yakobus mau mengingatkan jemaat Yahudi Kristen yang ada di perantauan akan bahaya dosa karena lidah yang telah merambah di tengah-tengah komunitas mereka, supaya mereka menjauhkan diri hal tersebut dengan mengekang lidah mereka dan menggunakannya untuk memuliakan Tuhan dan menjadi berkat bagi sesama.

I. Contoh Dosa Karena Lidah
A. Suka Menghakimi/Mengkritik/Menggurui, ay. 1-2, sehingga Yakobus memulai perikop ini dengan mengatakan "Saudara-saudaraku, janganlah banyak di antara kamu mau jadi "guru" (konotasinya suka menghakimi, mengkritik & menggurui), mengapa? Karena:
1) kita cenderung melakukannya pada waktu yang salah, dengan cara yang salah dan motivasi yang salah;
2) Kita cenderung melakukannya dengan tidak adil, artinya: "Kalau orang lain melakukan sesuatu, maka kita menyalahkan orang itu, tetapi kalau kita sendiri melakukan hal yang sama, maka kita membenarkan hal itu".

B. Tidak konsisten dalam menggunakan lidah, ay. 9-12 : memuliakan Tuhan dan
mengutuk manusia yang diciptakan menurut rupa Allah dari lidah yang sama.

II. Bahaya Dosa Karena Lidah, ay. 3-8
A. Pengaruhnya (penekanannya di sini adalah pengaruh negatifnya) sangat besar bagaikan kekang pada mulut kuda dan kemudi pada kapal, ay. 3-5a
B. Merusak dan menghancurkan kehidupan seperti api, ay. 5b-6
C. Tidak bisa dikendalikan oleh kekuatan kita, ay. 7-8

III. Lepas Dari Dosa Karena Lidah
A. Prinsipnya: minta pertolongan Tuhan untuk membersihkan hati dan pikiran kita dari kemarahan dan kepahitan serta mengisinya dengan kasih dan iman percaya kepada Tuhan serta perenungan Firman Tuhan yang tekun dan teratur (Mazmur 141:3; 1:2).
B. Praktisnya: Mari berpikir sebelum berbicara (Yak.1:19) dan ingatlah perkataan kita pengaruhnya besar bagi diri kita sendiri dan orang lain (Ams.18:21; 13:3).

Karena itu di mana pun kita berada "kuasailah lidah kita" dan gunakan untuk memuliakan Tuhan serta bagi kebaikan dan memberkati sesama. IMANUEL

=AK=

Follow Us on Instagram

Menu Utama

Sedang Online

We have 29 guests and no members online