Ringkasan Kotbah

Tema : Allah Memberikan Janji Keselamatan
Kejadian 3 : 15
Oleh: Pdt. Budianto Puspohadi

Mengacu pada tema besar 2015 GKI Pregbun “Transforming Life”. Sebuah perubahan (metamorfosis) ulat menjadi kepompong menjadi kupu-kupu sampai sejauh mana perubahan kita memasuki masa adven pertama sebelum mengakhiri perjalanan jelang natal & tahun baru 2016 sambil terus berpegang pada janji keselamatan yang Allah berikan pada kita.

Mendengar tegur sapa Allah sungguh menakutkan. “Permusuhan” yang diakibatkan oleh dosa manusia pertama yakni Adam ketika jatuh dalam jerat dosa si jahat. Manusia yang bersalah & berdosa tidak segera bertobat melainkan saling menyalahkan (Kejadian 3 : 12 - 13 ). Tuhan Allah memusuhi si jahat dan dosa manusia. Akan tetapi Allah tetap setia pada janjiNya. Pengampunan dan keselamatan akan diberikan bagi yang bertobat dan percaya kepadaNya oleh kasih anugerahNya.
Kita dipanggil untuk sebuah tujuan dalam kehidupan untuk menjadi saksi kebenaran & hidup kudus sampai Kristus datang kembali untuk kedua kalinya sambil menjaga hidup kita dengan tiada bercacat & bercela dihadapanNya.

Suatu hari jelang perayaan natal, datanglah seorang ibu dengan menangis sedih menceritakan kehidupan suaminya yang telah jatuh kedalam dosa perselingkuhan selama bertahun tahun. Justru suami yang telah membawanya datang kepada Tuhan Yesus dalam menerima janji keselamatan itu telah gagal menjadi teladan Kristus dalam kehidupan keluarganya. Tak berselang lama suami yg telah melukai hati istrinya mengalami kecelakaan mobil terjadi kecelakaan tunggal di hari kerja. Mobil terbalik & terhempas serta membuat diri si bapak akhirnya kena Parkinson, lumpuh total pada akhirnya. Lalu bagaimana sikap istri yang menderita batin, hatinya terluka namun ia tidak membenci suaminya. Ia menjaga serta merawatnya dengan memandang kepada pengorbanan dan cinta kasih Kristus yang telah menyelamatkan hidupnya. Sungguh teladan yang baik yang disaksikan oleh ibu ini. Ia berkata bahwa janji keselamatan Allah tetap dipegangnya dengan terus berbuat kasih dan mengampuni. Hingga akhirnya suami dipanggil pulang. Seorang istri tetap setia mendampinginya disisi jasad suami.

Kita harus siap sedia dan berjaga jaga sebab tipu muslihat iblis. Si jahat itu ada dimana mana. Ketika kita sudah diubahkan olehNya untuk menjadi manusia baru milik Kristus maka sekarang saatnya kita saksikan kebenaran sabdaNya sambil terus pegang janji Nya.....Maranatha !


=BP=

Follow Us on Instagram

Menu Utama

Sedang Online

We have 153 guests and no members online