Beranda
jadwal kebaktian

Jadwal Kebaktian

Jadwal kebaktian hari Minggu di GKI Pregolan Bunder, Surabaya.
kegiatan rutin

Kegiatan Rutin

Seminar, Aksi Sosial, Kunjungan Orang Sakit serta Aksi Bersama lain..
ringkasan kotbah

Ringkasan Kotbah

Kumpulan ringkasan kotbah dari ibadat hari Minggu.
Transforming Life!

Sedang Online

We have 55 guests and no members online

IDMC Conference 2016

Berapa Lama Lagi Kamu Menghakimi Dengan Lalim?
Mazmur 82
Pdt. Sandi Nugroho

Asaf adalah peyanyi utama di bait Allah. Ia juga penulis Mazmur 50 dan 73-83. Karakteristik Mazmur Asaf sangat lekat dengan kehidupan sehari-hari, perasaan yang jujur, kondisi hati yang apa adanya. Padahal mazmur-mazmur ini dinyanyikan di bait Allah. Asaf hendak menegaskan melalui mazmur-mazmur tersebut bahwa terdapat integrase antara kehidupan rohani dan kehidupan sehari-hari.


Mazmur 82 adalah intergrasi antara kehidupan rohani dengan kehidupan sosial politik yang ada pada saat itu.

4 penyataan tentang Allah melalui Mazmur 82:
1.    ALLAH berdiri di atas segala ‘allah’
Dia berkuasa atas segala penguasa/pembesar. Asaf adalah orang Israel. Ia tidak menganut politheisme atau kepercayaan bahwa ada banyak ‘allah’. Ia percaya bahwa  hanya ada 1 Allah. Dia adalah Allah yang hidup, Allahnya Abraham, Ishak dan Yakub.  Kata ‘allah’ {huruf kecil} dipakai oleh Asaf untuk menjelaskan para penguasa, raja atau pembesar. Mereka disebut demikian karena kekuasaan mereka menjadikan atau menganggap dirinya allah.

2.    ALLAH adalah hakim terhadap segala ‘allah’
Dia adalah pribadi yang kepadaNya semua penguasa bertanggung jawab. Hakim di sini menunjuk kepada seseorang yang menerima pertanggung jawaban. Jadi semua penguasa bertanggung jawab kepadaNya. Dia berhak menerima pertanggung jawaban dan berdaulat untuk menetapkan hukuman kepada para penguasa tersebut.



3.    ALLAH berpihak pada mereka yang lemah
Dia melindungi, membela dan memperjuangkan kaum yang lemah. Asaf menegaskan melalui pertanyaan sekaligus pernyataan dalam Mazmur 82 bahwa Allah berpihak dengan kaum lemah. Salah satu kaum lemah adalah janda yang kehilangan suaminya karena perang. Mereka tidak bisa mengusahakan tanahnya dengan baik, dan tidak ada yang melindung jika tanah itu mau direbut orang lain. Tuhan melindungi mereka yang tertindas

4.    ALLAH Sang pemilik dunia ini
Dia bukan hanya berkuasa tapi DIA adalah sang pemilik dunia. Segala bangsa termasuk penguasa adalah milik Tuhan. Tuhan pasti akan menjaga dan memelihara. Dia juga pasti akan menjaga dan memelihara Indonesia karena Indonesia adalah milikNya.

Sejarah INDONESIA menyaksikan bahwa TUHAN ALLAH adalah sang penguasa sejati, hakim teragung, pelindung terkuat dari kaum lemah dan satu-satunya pemilik dunia ini.


=SN=

Follow Us on Instagram

Follow: @doa.harianku

    Aplikasi Warta GKI

    aplikasi Warta GKI
    aplikasi yang memuat Warta Gereja, Ringkasan Kotbah, Renungan dll yang disimpan dalam format ebook dan dapat dibaca dari Gadget (HP, tablet) Android, Apple, dan Windows Phone Anda masing-masing

    Jadwal Kebaktian

    jadwal kebaktian

    • Kebaktian Umum : 06.30 - 09.00 - 17.00
    • Sekolah Minggu : 09.00
    • Remaja : 09:00
    • Kaum Muda : 09.00
    • Pos Benowo : 09.00

    Alamat Kami

    Gereja Kristen Indonesia

    Jl. Pregolan Bunder No. 36, Tegalsari
    Surabaya 60226
    Jawa Timur - Indonesia
    Telp.: 031-5340023 - 5343648