Ringkasan Kotbah

Rusak Total
Yeremia 17:9; Roma 3:10
Pdt. Agustina Manik


Kondisi keagamaan tidak selalu kondusif. Persoalan intoleransi, radikalisme, penolakan kebhinekaan dapat ditimbulkan atas dasar keagamaan. Sebut  saja kasus-kasus yang melibatkan tokoh dan pemimpin agama. Kekristenan pun tidak imun akan persoalan-persoalan tadi. Ada penelitian yang menyatakan bahwa kegiatan rutin gerejawi tidak selalu menghasilkan jemaat yang menjadi saksi dalam kehidupan sehari-hari dan masyarakat. Sekadar perdebatan doktrin pun tidak akan berdampak positif ketika tidak disertai ketaatan dalam melakukan firman Tuhan.


Pertanyaannya: “Ada apa dengan kita, sehingga bisa terjadi persoalan-persoalan tersebut?”

Yeremia 17:9
Menunjukkan kepada kita bahwa Umat yang telah dipilih seharusnya mampu melakukan yang BENAR, tetapi di dalam ketidaktaatan, DOSA seolah masih menjadi pilihan yang memukau. Manusia bukan saja rusak total tetapi perjuangannya atas dosa setelah dipilih menjadi umat BUKAN hal yang mudah!. Allah tetap menghukum mereka atas dosa yang dilakukan umatNYA (ayat 4 posisi mereka tidak taat, ayat 9 pilihan umat tidak taat).

Roma 3:9-10,
Mengajarkan kepada kita semua bahwa KEBENARAN tidak mungkin dapat dilakukan karena upaya manusia, dalam hal ini kehebatan orang Yahudi dan hukum Taurat. Dengan jelas Paulus menyatakan bahwa “semua ada dibawah kuasa dosa” …tidak ada yang benar seorangpun tidak…ayat 11 ..tidak ada seorangpun yang berakal budi, tidak ada seorangpun yang mencari ALLAH… (rusak total membuat manusia dalam posisi tidak mungkin cari TUHAN).

Kedua teks yang ditujukan menunjukkan konteks dari relasi manusia dan DOSA—umat masih tertarik dengan dosa, dan upaya manusia mencapai kebenaran tidak bisa dengan cara sendiri. Inilah makna dari rusak total. Dan oleh karenanya, kita butuh anugerah ALLAH.

Aplikasi: Mari bersandar dan pegang erat dengan TUHAN karena anugerahNya sudah terjadi atas hidup kita, namun dosa luar biasa berkuasa. Jangan main-main dengan dosa!. Mari jadi pelaku FIRMAN dan punya belas kasihan kepada DUNIA yang berdosa. Lakukan sesuatu, saksikan kepada dunia akan Kristus di dalammu yang merubah hidupmu menjadi berkat bagi dunia sekeliling, terutama di Indonesia. Jadilah saksiNYA!


=AM=

Follow Us on Instagram

Menu Utama

Sedang Online

We have 42 guests and no members online

Aplikasi Warta GKI

Aplikasi Warta "GKI Surabaya" adalah aplikasi yang memuat Warta Gereja, Ringkasan Kotbah, Renungan dll yang disimpan dalam format ebook dan dapat dibaca dari Gadget (HP, tablet) Android, Apple, dan Windows Phone Anda masing-masing.

Dengan adanya aplikasi ini akan mengurangi ketergantungan akan pencetakan warta yang kadang langsung kita buang dan kita dapat menyimpan warta tersebut untuk waktu yang lama.

Selengkapnya...