Ringkasan Kotbah

Tema : “Kebangkitan-Nya Memperbaharui
Kisah Para Rasul 10:34-43
Oleh: Pdt. Johannes Dharmawan

Paskah atau kebangkitan Kristus adalah peristiwa yang paling menentukan hidup kita sebagai orang Kristen. Sayangnya, tidak sedikit orang Kristen walaupun percaya bahwa Tuhan Yesus sudah bangkit dari kematian, tetapi tidak merasakan pengaruh kebangkitan Kristus dalam hidupnya.



Hidup orang Kristen itu harus selalu diperbarui. Kalau tidak, bagaimana mungkin kita dapat menjadi sempurna seperti Kristus? Kolose 3:10 mengatakan, “kita telah mengenakan manusia baru yang terus menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya”.

Apanya yang harus diperbarui? Bukan saja perilaku kita diperbarui tetapi lebih dari itu hati kita juga perlu diperbarui, pikiran kita, perkataan, karakter, motivasi kita dst. Bandingkan dengan perkataan Tuhan Yesus di Mat 15:11, 19. Hati kita  “yang di dalam” ini terutama harus diperbarui agar kita tidak menghasilkan perilaku yang najis, yang jahat, dan yang berdosa.
Kisah Para Rasul 10:34-43 yang telah kita baca tadi, merupakan kesaksian Petrus di Kaisarea, di depan Kornelius dan banyak orang yang sedang berkumpul di situ. Intinya mengatakan, siapapun kita, asal kita percaya kepada Tuhan Yesus yang sudah bangkit itu, Ia akan menyembuhkan dan memperbarui kita, seperti halnya Kornelius. Juga para murid yang sempat hilang semangat, namun ketika mereka berjumpa dengan Kristus yang sudah bangkit itu, mereka diperbarui sehingga para murid memiliki kembali semangat yang baru untuk memberitakan Injil kepada seluruh bangsa.
Itulah Paskah, Kristus yang telah mati di kayu salib ternyata hidup. Ia bangkit pada hari yang ketiga. Kristus yang dianggap kalah ternyata menang. Ia menang atas kuasa yang paling dahsyat yaitu maut, maka berarti pula kuasa-kuasa yang lain, seperti kuasa dosa, kuasa kecemasan, kuasa putus asa juga dikalahkannya dan digantikannya dengan semangat hidup yang baru dan hidup yang memuliakan Tuhan.
Kuasa kebangkitan Kristus itu diberikan kepada kita, kepada semua orang yang percaya kepada Tuhan Yesus, asal kita mau menyerahkan diri kita seutuhnya kepada Kristus. Sehingga kita tidak lagi hidup sebagai manusia lama melainkan kita hidup sebagai manusia baru yang terus menerus diperbarui hingga kelak menjadi serupa dengan Kritus. Selamat Paskah.

=JD=

Follow Us on Instagram

Menu Utama

Sedang Online

We have 36 guests and no members online

Aplikasi Warta GKI

Aplikasi Warta "GKI Surabaya" adalah aplikasi yang memuat Warta Gereja, Ringkasan Kotbah, Renungan dll yang disimpan dalam format ebook dan dapat dibaca dari Gadget (HP, tablet) Android, Apple, dan Windows Phone Anda masing-masing.

Dengan adanya aplikasi ini akan mengurangi ketergantungan akan pencetakan warta yang kadang langsung kita buang dan kita dapat menyimpan warta tersebut untuk waktu yang lama.

Selengkapnya...