Ringkasan Kotbah

Tema : “Jangan Melupakan Tuhan Dalam Perencanaan
Yakobus 4:13-17
Oleh: Bpk. Jimmy Setiawan

Surat Yakobus adalah surat yang paling praktis di seluruh Perjanjian Baru. Hari ini, kita akan merenungkan satu perkara praktis yang sering dilakukan, yaitu, tentang perencanaan.

Dosa Dalam Perencanaan
Pertama-tama, kita harus memahami bahwa Yakobus tidak sedang menentang perencanaan. Sesungguhnya perencanaan adalah bukti dari sikap kita yang menghargai waktu atau kehidupan yang Tuhan berikan.

Lalu, apa problem sebenarnya yang disoroti oleh Yakobus? Mari kita bandingkan kembali dengan seksama ayat 13 dan 15. Perbedaannya, yang pertama melupakan Tuhan sama sekali dalam perencanaan. Sedangkan yang kedua melibatkan Tuhan dalam perencanaan. Inilah masalah yang sedang ditegur oleh Yakobus, yaitu, orang Kristen melupakan Tuhan dalam perencanaan kehidupan mereka! Bahkan, melupakan Tuhan dalam perencanaan adalah dosa (ayat 17).

Melupakan Tuhan sesungguhnya adalah dosa yang sangat menyakitkan hati Tuhan. Kemarahan, kekecewaan, dan keraguan kita akan Tuhan adalah sesuatu yang lumrah dari dinamika iman yang serius karena selama kita masih hidup di tengah dunia yang berdosa ini iman kita masih selalu ditantang, diuji, dan dicobai. Namun, saat kita melupakan Tuhan, kita memperlakukan seolah-olah Tuhan tidak ada. Melupakan Tuhan bukan bagian dari dinamika iman tetapi lebih mendekati ke keadaan ketiadaan iman. Inilah yang disebut dengan ateisme praktis.

Apa yang menyebabkan orang Kristen melupakan atau mengabaikan Tuhan dalam perencanaan? Ayat 16 menyebutkan bahwa akar masalahnya adalah kesombongan! Orang yang sombong meyakini bahwa ia bisa mengendalikan atau bahkan menentukan apapun yang terjadi di hidup dan masa depannya berdasarkan pengalaman, pengetahuan, dan pikiran mereka sendiri. Kita melupakan Tuhan karena kita sudah menjadikan diri kita sebagai “tuhan” atas kehidupan ini.

Obat Untuk Mengatasi Dosa Ini
Pertama, ingatlah karakteristik kehidupan. Dalam ayat 14, Yakobus mengingatkan kita semua bahwa kehidupan kita sama sekali tidak terduga. Amsal 27:1, “Janganlah memuji diri karena esok hari, karena engkau tidak tahu apa yang akan terjadi pada hari itu.” Kehidupan ini tidak selurus dan semulus yang kita pikirkan tetapi penuh dengan kejutan, termasuk, hal-hal yang kita tidak inginkan. Kita tidaklah maha tahu akan apa yang akan terjadi besok dan juga tidaklah maha kuasa dalam mencegah apapun yang tidak diinginkan. Mengingat Tuhan dalam perencanaan kehidupan harus dimulai dari pengakuan yang tulus dan total bahwa kita bukan “tuhan” atas kehidupan ini; bahwa kita benar-benar tidak berdaya menjalani kehidupan yang penuh dengan misteri dan serba kejutan ini.

Kedua, ingatlah karakter Tuhan, khususnya kasih dan kedaulatanNya. Saat kita mengingat kasihNya, kita mengakui bahwa tidak ada hari dalam hidup ini yang bukan pemberianNya. Saat kita mengingat kedaulatanNya, kita mengakui bahwa tidak ada hari dalam hidup ini yang tidak di bawah pengendalianNya. Meyakini kasihNya akan menolong kita dalam hari-hari baik kehidupan kita karena iman akan kasihNya akan mencegah kita dari kesombongan. Sementara itu, meyakini kedaulatanNya akan menolong kita dalam hari-hari buruk kehidupan kita karena iman akan kedaulatanNya akan mencegah kita dari keputusasaan.

Penutup
Kita sebagai anak Tuhan masih bisa melupakan Dia dalam perencanaan kehidupan ini. Akan tetapi, Bapa surgawi tidak pernah melupakan kita sedikit pun. Yesaya 49:15-16, “Dapatkah seorang perempuan melupakan bayinya, sehingga ia tidak menyayangi anak dari kandungannya? Sekalipun dia melupakannya, Aku tidak akan melupakan engkau. Lihat, Aku telah melukiskan engkau di telapak tangan-Ku; tembok-tembokmu tetap di ruang mata-Ku.” Amin!

=JS=

Follow Us on Instagram

Menu Utama

Sedang Online

We have 7 guests and no members online

Aplikasi Warta GKI

Aplikasi Warta "GKI Surabaya" adalah aplikasi yang memuat Warta Gereja, Ringkasan Kotbah, Renungan dll yang disimpan dalam format ebook dan dapat dibaca dari Gadget (HP, tablet) Android, Apple, dan Windows Phone Anda masing-masing.

Dengan adanya aplikasi ini akan mengurangi ketergantungan akan pencetakan warta yang kadang langsung kita buang dan kita dapat menyimpan warta tersebut untuk waktu yang lama.

Selengkapnya...